Kamis, 15 September 2016

SISTEM KERJA KASIR ALFAMART DI CIMAHI



SISTEM KERJA KASIR DI ALFAMART CIMAHI

Alfamart atau supermarket lain yang sejenis menggunakan mesin kasir untuk transaksi pembayarnnya, dan itu dibagi menjadi 2 divisi kerja. Yaitu divisi kasir dan divisi admin/gudang. Cara kerja dari mesin kasir Alfamart ini adalah jaringan/lan system. Dimana 2 komputer kasir dan 1 komputer admin/gudang akan terkoneksi dengan sistem jaringan. Sehingga masing-masing komputer akan saling terkoneksi satu sama lain. Pada sistem jaringan ini, salah satu komputer harus menjadi server dan biasanya server terletak pada komputer admin/gudang.
Pembagian kerja masing-masing divisi, kasir utama dan kasir cadangan bertugas hanya untuk melakukan transaksi penjualan. Sementara bagian admin/gudang bertugas untuk mencatat stok keluar masuk barang, labeling kode barcode, penentuan harga jual,promo dan diskon barang, stok opname, pengecekan laporan master data barang, laporan pembelian, laporan penjualan kasir, laporan hutang piutang, laporan rugi laba dsb.
Untuk menjalankan semua kegiatan tersebut, masing-masing komputer dibekali program kasir. Khusus untuk komputer kasir utama dan kasir cadangan, hanya dapat membuka fitur penjualan kasir saja. Sementara bagian admin/gudang memiliki full akses fitur program kasir.
Berikut  beberapa  fitur-fitur  pada  program kasir, Master data barang, suplier, pelanggan, mutasi kas, pesanan pembelian, pembelian tunai/kredit, retur pembelian, item masuk dan pembayaran hutang. Dimenu penjualan, pesanan penjualan, penjualan tunai/kredit, penjualan kasir, retur penjualan, item keluar, pembayaran piutang.
Laporan-laporan diantaranya, laporan master data barang, laporan stok, laporan pembelian, laporan penjualan (per user kasir), laporan cash drawer, laporan hutang piutang, dan laporan rugi laba.
Setiap petugas kasir akan diberikan user account dan password, sehingga mereka memiliki user account untuk login ke fitur penjualan kasir. Pada laporan penjualan, Anda dapat mengecek banyaknya transaksi penjualan yang dilakukan oleh kasir Anda per user account.

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir
1.      Ambil modal di supervisor.
2.      Menempati lokasi kasir masing-masing yang telah ditentukan    oleh Supervisor.
3.      Menyiapkan struk penjualan, karet gelang, spon air, form pengisian uang hasil transaksi.
4.      Membersihkan mesin dan meja POS (Point OF sales).
5.      Hidupkan PC dan program POS (Point Of Sale).
6.      Melayani dan menyapa customer dengan baik.
7.      Scan setiap barang, dengan melihat ke layar monitor (perhatikan label barang yang mencurigakan dengan fisik barang dan  harga).
8.      Menyebutkan  jumlah uang yang harus dibayarkan ke konsumen.
9.      Memberikan uang kembali dan struk penjualan serta menyebutkan jumlahnya dengan mengucapkan terima kasih telah berbelanja, ucapkan dengan tersenyum.
10. Mencatat barang-barang kosong yang di keluhkan customer dan di laporakan ke Senior Staff/Supervisor.
11. Mintalah bantuan supervisor jika ada masalah.
12. Bertanggung jawab terhadap  uang setoran, apabila terjadi kehilangan maka harus mengganti. Atau potong gaji.

Selain melayani pembayaran belanja, di alfamart juga menyediakan layanan seperti pembelian tiket kereta api, pembayaran token listrik, pembayarn BPJS, pembayaran air, dan lain-lain. Adapun pihak-pihak yang terkait yaitu PT KAI Indonesia, PLN, PDAM, dan lain-lain.
Alfamart itu sendiri terhubung dengan admin di gudang untuk mengetahui ketersediaan barang yang ada di alfamart apabila barang hamper habis pihak gudang akan mengirimkan barang yang di perlukan. Biasanya setiap hari selalu ada stok barang yang berkurang karena mengingat peminat alfamart semakin banyak dan mudahnya ditemukan dimana-mana.
Terima kasih, semoga bermanfaat.




Sumber: Alfamart Cimahi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar