SISTEM KERJA KASIR DI ALFAMART CIMAHI
Alfamart atau
supermarket lain yang sejenis menggunakan mesin kasir untuk transaksi
pembayarnnya, dan itu dibagi menjadi 2 divisi kerja. Yaitu divisi kasir dan divisi admin/gudang. Cara kerja dari mesin kasir
Alfamart ini adalah jaringan/lan system. Dimana 2 komputer kasir dan 1 komputer admin/gudang akan
terkoneksi dengan sistem jaringan. Sehingga masing-masing komputer akan saling
terkoneksi satu sama lain. Pada sistem jaringan ini, salah satu komputer harus
menjadi server dan biasanya server terletak pada komputer admin/gudang.
Pembagian
kerja masing-masing divisi, kasir utama dan kasir cadangan bertugas hanya untuk
melakukan transaksi penjualan. Sementara bagian admin/gudang bertugas untuk
mencatat stok keluar masuk barang, labeling kode barcode, penentuan harga
jual,promo dan diskon barang, stok opname, pengecekan laporan master data
barang, laporan pembelian, laporan penjualan kasir, laporan hutang piutang, laporan
rugi laba dsb.
Untuk
menjalankan semua kegiatan tersebut, masing-masing komputer dibekali program
kasir. Khusus untuk komputer kasir utama dan kasir cadangan, hanya dapat
membuka fitur penjualan kasir saja. Sementara bagian admin/gudang memiliki full
akses fitur program kasir.
Berikut beberapa fitur-fitur pada program kasir, Master data barang, suplier, pelanggan,
mutasi kas, pesanan pembelian, pembelian tunai/kredit, retur pembelian, item
masuk dan pembayaran hutang. Dimenu penjualan, pesanan penjualan, penjualan tunai/kredit,
penjualan kasir, retur penjualan, item keluar, pembayaran piutang.
Laporan-laporan
diantaranya, laporan master data barang, laporan stok, laporan pembelian, laporan
penjualan (per user kasir), laporan cash drawer, laporan hutang piutang, dan
laporan rugi laba.
Setiap
petugas kasir akan diberikan user account dan password, sehingga mereka
memiliki user account untuk login ke fitur penjualan kasir. Pada laporan penjualan, Anda dapat
mengecek banyaknya transaksi penjualan yang dilakukan oleh kasir Anda per user
account.
Tugas dan Tanggung Jawab Kasir
1. Ambil modal di supervisor.
2. Menempati lokasi kasir masing-masing
yang telah ditentukan oleh Supervisor.
3. Menyiapkan struk penjualan, karet
gelang, spon air, form pengisian uang hasil transaksi.
4. Membersihkan mesin dan meja POS (Point
OF sales).
5. Hidupkan PC dan program POS (Point Of
Sale).
6. Melayani dan menyapa customer dengan
baik.
7. Scan setiap barang, dengan melihat ke
layar monitor (perhatikan label barang yang mencurigakan dengan fisik barang
dan harga).
8. Menyebutkan jumlah uang yang
harus dibayarkan ke konsumen.
9. Memberikan uang kembali dan struk
penjualan serta menyebutkan jumlahnya dengan mengucapkan terima kasih telah
berbelanja, ucapkan dengan tersenyum.
10. Mencatat barang-barang kosong yang di
keluhkan customer dan di laporakan ke Senior Staff/Supervisor.
11. Mintalah bantuan supervisor jika ada
masalah.
12. Bertanggung jawab terhadap uang
setoran, apabila terjadi kehilangan maka harus mengganti. Atau potong gaji.
Selain
melayani pembayaran belanja, di alfamart juga menyediakan layanan seperti
pembelian tiket kereta api, pembayaran token listrik, pembayarn BPJS,
pembayaran air, dan lain-lain. Adapun pihak-pihak yang terkait yaitu PT KAI
Indonesia, PLN, PDAM, dan lain-lain.
Alfamart
itu sendiri terhubung dengan admin di gudang untuk mengetahui ketersediaan
barang yang ada di alfamart apabila barang hamper habis pihak gudang akan
mengirimkan barang yang di perlukan. Biasanya setiap hari selalu ada stok
barang yang berkurang karena mengingat peminat alfamart semakin banyak dan
mudahnya ditemukan dimana-mana.
Terima
kasih, semoga bermanfaat.
Sumber:
Alfamart Cimahi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar